Januari 18, 2018

Orang Tua Asuh

ORANG TUA ASUH

Kelangsungan kehidupan anak yatim, piatu dan dhu’afa baik pendidikan, pengasuhan, kasih saying dan masa depan mereka adalah cerminan dan tolak ukur kehidupan umat manusia yang beriman dan bertaqwa dalam mengaplikasikan dan menyempurnakan amaliyah dan ubudiyahnya.

Disisi lain dengan keterpurukan fundamental, kelemahan, dan ketidak mampuan banyak kita temukan penelantaran, penghinaan dan kesenjangan sosial yang dirasakan dan dialami oleh mereka.

Terkait dengan itu melalui program Kemenangan Orang Tua Asuh, Baitul Maal Yayasan Majlis Dzikir Al Ikhlas menjadi bagian bagi kelangsungan kehidupan saudara kita yang yatim, piatu dan dhu’afa,  untuk mendapatkan pengasuhan, pendidikan, kasih sayang, kesejahteraan dan kemuliaan sehingga diharapkan mereka menjadi generasi bangsa yang memiliki fundamental yang kokoh, berjiwa social dan berakhlak mulia.

Ajaran Islam memberikan kedudukan yang tinggi kepada anak yatim dan keutamaan serta kemenangan bagi orang yang merawat dan mengasuhnya sebagaimana mereka mengasuh dan menyayangi anaknya sendiri, kemudian memberi balasan pahala yang besar bagi yang benar-benar menjalankannya, sebagaimana telah ditetapkan dalam Al Qur’an dan Sabda Rasulullah Muhammad SAW, diantaranya ;

“Ada seorang laki-laki yang datang kepada Nabi SAW, mengeluhkan kekerasan hatinya. Nabi pun bertanya : Apakah kamu ingin hati mumenjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi ? Kasihilah anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.” (HR. Thabrani, Targhib)

Untuk itu, wahai saudaraku… tidaklah kita harus menunggu kaya, ataupun sukses sehingga kita baru bisa bersedekah dan memuliakan anak yatim. Akan tetapi dengan apa yang telah kita miliki sekarang sebenarnya kita sudah mampu untuk bersedekah dan memuliakannya, dengan senyum, ilmu, ataupun hal lain yang bisa kita berikan dan bermanfaat baginya apalagi dapat mensegerakan untuk menyantuni dan merawat anak yatim dengan pasti keberkahan dan kelapangan rizki yang akan kita dapatkan.

 

BENTUK PROGRAM

  • Beasiswa yatim, piatu dan dhu’afa.
  • Pendidikan formal dan non formal yatim piatu dan dhu’afa.
  • Pelatihan keterampilan dan mendayagunakan yatim, piatu dan dhu’afa.
  • Pertemuan orang tua asuh dengan yatim, piatu dan dhu’afa.
  • Hibah dan wakaf tunai untuk pengembangan asrama yatim, piatu dan dhu’afa.

 

SASARAN UTAMA

  • Memberikan kemudahan kepada para muzaki untuk menyalurkan infaq dan shadaqah dan menjadi orang tua asuh bagi anak yatim, piatu, fuqoro dan dhu’afa.
  • Mensejahterakan dan memuliakan anak yatim, piatu dan dhu’afa.
  • Merawat, mendidik, memberdayakan dan membimbing kelangsungan hidup anak yatim, piatu dan dhu’afa sehingga menjadi generasi bangsa yang memiliki fundamental yang kokoh, berdayaguna, berjiwasosial dan berakhla kmulia.